November 24, 2022

Sejak kecil mayoritas anak sudah diberikan ajakan gerakan menabung. Namun, tahukah Anda ada hal lebih baik daripada menabung? Ya, jawabannya adalah berinvestasi. Apabila menabung hanya mempertahankan uang, maka berinvestasi bisa meningkatkan nilai uang tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting menanamkan manfaat investasi sejak dini agar bisa menikmati hasil di masa mendatang.

Mungkin beberapa orang masih menganggap investasi membutuhkan jumlah uang besar sehingga kurang cocok diajarkan pada anak-anak. Padahal, dengan edukasi yang tepat, sebenarnya investasi bisa dilakukan mulai dari Rp10.000,00 saja, sama seperti menabung. Usia remaja adalah masa paling tepat mengetahui pentingnya investasi ini.

Manfaat Melakukan Investasi Sejak Dini

1. Memiliki jaminan kehidupan di masa depan

Tidak ada salahnya mempersiapkan masa depan sejak dini. Bahkan semakin awal investasi dilakukan, semakin enak pula kehidupan di hari tua nanti. Terlebih lagi, uang ini akan menggulung semakin besar ketika sudah berjalan dalam waktu cukup lama. Peningkatan dalam 1 tahun tentu saja berbeda dengan peningkatan dalam 10 hingga 15 tahun.

2. Terhindar dari inflasi

Inflasi adalah penjahat keuangan paling menyeramkan. Bagaimana tidak, meskipun secara nominal tetap sama, namun nilai uang semakin lama semakin menurun. Salah satu kekurangan menabung adalah pada poin ini. Lain halnya dengan berinvestasi. Nilai uang akan tetap bahkan bertambah seiring berjalannya waktu sehingga bisa dikatakan terhindar dari masalah inflasi.

3. Mempersiapkan dana pernikahan

Menyelenggarakan pesta pernikahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu keuntungan berinvestasi di usia muda adalah bisa mempersiapkan hal tersebut jauh-jauh hari. Meskipun nantinya sudah ada gaji dari pekerjaan, namun adanya penghasilan dari berinvestasi akan sangat membantu meringankan biaya tersebut.

4. Mencapai kebebasan finansial

Kebebasan finansial merupakan kondisi ketika seseorang sudah tidak perlu bekerja lagi untuk kebutuhan hidupnya. Salah satu cara mencapai kondisi tersebut adalah berinvestasi. Pada dasarnya, investasi adalah menggunakan uang untuk mendapatkan uang. Ketika itu sudah mulai besar, maka Anda tidak perlu lagi bekerja karena semua sudah dilakukan uang secara otomatis.

Demikian beberapa manfaat investasi sejak dini. Meski begitu, bukan berarti di usia tua tidak boleh berinvestasi. Kalaupun tidak langsung merasakan manfaatnya, hasil tersebut kemudian masih bisa dirasakan oleh anak cucu sehingga tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *