July 6, 2022

Menjalankan sebuah usaha memang diperlukan ilmu dan pengetahuan cukup banyak. Jika tidak, bisa dipastikan usia bisnis tidak akan bertahan lama. Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah manajemen keuangan. Ketika pengaturan arus uang berjalan baik, maka bisnis pun akan sehat. Berikut ini ada beberapa tips mengatur keuangan bisnis bisa langsung Anda terapkan saat ini juga.

Memang ada banyak faktor lain penentu kesuksesan sebuah usaha seperti marketing, selling, produksi, dan lain-lain. Namun, tetap saja ketika semua itu berhasil dilakukan dengan baik, pengaturan keuangan adalah kunci apakah usaha akan terus bertahan atau menurun perlahan. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan betapa pentingnya mengatur keuangan.

Cara Mengatur Keuangan dalam Bisnis

1. Mencatat semua biaya secara detail

Manajemen keuangan adalah hal sangat penting dalam dunia wirausaha. Oleh karena itu, sebisa mungkin catat seluruh pemasukan dan pengeluaran secara detail sekecil apapun itu. Misalnya, Anda mengeluarkan Rp2.000,00 untuk keperluan fotokopi brosur. Meskipun nilainya kecil, hal tersebut harus tetap dicatat. Ini akan sangat bermanfaat dalam melakukan evaluasi bulanan.

2. Membuat rencana keuangan

Setidaknya sekali dalam sebulan lakukan hal ini. Buat anggaran atau rancangan anggaran untuk satu bulan ke depan. Caranya adalah mendaftar apa saja keperluan-keperluan berkaitan dengan usaha. Selanjutnya, lakukan survei mengenai biaya keperluan tersebut. Terakhir, sortir kembali mulai dari prioritas tertinggi ke paling rendah. Ketika sudah melakukan ini, maka pengeluaran pasti sangat mudah dikendalikan.

3. Memisahkan akun pribadi dan bisnis

Ini adalah kesalahan paling banyak dilakukan oleh pebisnis pemula, yakni mencampurkan uang antara akun bisnis dan akun pribadi. Akibatnya, keuntungan sering digunakan membeli kebutuhan sehari-hari hingga tidak terasa uang untuk bisnis sudah habis. Karena dianggap cukup penting, hal ini bahkan menjadi satu dari sepuluh prinsip dasar dari akuntansi.

Itulah sedikit tips mengatur keuangan bisnis yang perlu diperhatikan. Sekali lagi, jangan pernah anggap remeh hal ini karena ketika usaha sudah tumbuh besar, manajemen uang ini sangat vital untuk kelangsungan ke depannya. Jika sampai salah, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat kebangkrutan akan dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.