November 24, 2022

Semenjak masa pandemi, banyak orang mencari kegiatan di rumah. Salah satu yang cukup populer adalah mengoleksi tanaman hias. Hal ini tentu saja menjadi peluang bisnis cukup menjanjikan. Apalagi tanaman ini juga bisa menjadi pajangan rumah agar terlihat indah. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menekuni bisnis tanaman hias ini.

Lalu, apa saja tanaman tersebut? Ada banyak sekali pilihan mulai dari Aglonema, Keladi, Kaktus, Adenium, Anggrek, dan lain-lain. Mungkin jika Anda sebelumnya belum tertarik akan merasa asing dengan nama-nama di atas. Akan tetapi, ketika sudah memiliki hobi di bidang ini, hampir bisa dipastikan Anda akan lebih mudah menjalankannya. Sebagai panduan, silakan simak tips-tips berikut ini.

Langkah Memulai Bisnis Bidang Tanaman Hias

1. Mencari pengetahuan

Bisnis dalam bidang apapun pasti membutuhkan modal pengetahuan terlebih dahulu, baik untuk manajemen maupun produknya. Pelajari terlebih dahulu seluk beluk mengenai tanaman hias seperti jenis-jenis, cara merawat, cara memperbanyak, penyakit-penyakit, harga jual, dan lain-lain. Apabila hal ini sudah dikuasai, maka bisa berlanjut ke langkah berikutnya.

2. Menyiapkan lokasi

Saat ini dalam menjalankan usaha tidak harus menyewa tempat terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lokasi menjalankan usaha ini. Apabila modal sudah berputar dan mendapatkan keuntungan, barulah perlahan-lahan tabung uang tersebut untuk mendapatkan tempat lebih besar, baik itu menyewa tempat show room atau membeli lahan guna pengembangbiakan.

3. Memilih tanaman

Setelah dua langkah di atas telah dilakukan, maka berikutnya adalah memilih jenis-jenis tanaman yang hendak dijual. Ada banyak sekali pilihan seperti aglonema, keladi, lidah buaya, dan lain-lain. Untuk awal-awal, pilih pohon paling mudah dirawat seperti aglonema. Selain perawatan mudah, aglonema juga masih memiliki cukup banyak peminat.

4. Promosi

Terakhir adalah promosi atau marketing. Anda bisa mempromosikan melalui media sosial agar menjangkau lebih banyak pangsa pasar. Ambil gambar semenarik mungkin supaya minat orang membelinya menjadi lebih tinggi. Selain itu, gunakan juga pot berwarna dan hindari menggunakan pot hitam polos.

Melihat bisnis tanaman hias yang masih naik daun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mulai sekarang. Bahkan bisa dikatakan tren ini masih akan bertahan lama. Manfaatkan hal tersebut semaksimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *