November 24, 2022

Bagi para pemilik sepeda motor pasti sudah sering melakukan kegiatan ini. Memanaskan motor memang suatu hal penting untuk dilakukan. Hal ini berfungsi agar motor bisa lebih siap digunakan. Sayangnya masih banyak yang melakukan kesalahan saat memanaskan motor. Alih-alih mendapatkan kondisi prima, justru motor malah akan menjadi lebih parah dan bisa berujung pada kerusakan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa kesalahan tersebut. Harapannya, setelah menyimak pembahasan ini Anda bisa lebih teliti lagi ketika memanaskan mesin kendaraan. Selain itu, informasi ini juga bisa dibagikan ke rekan maupun saudara yang masih melakukan kesalahan supaya tidak mengalami hal tidak diinginkan.

Beberapa Kesalahan Ketika Memanaskan Mesin Motor

1. Mengegas di RPM tinggi

Kesalahan yang pertama adalah mengegas di RPM tinggi. Menggeber gas memang dianjurkan agar pemanasan menjadi lebih efektif. Akan tetapi, terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kendaraan. Kemungkinan buruk mungkin terjadi adalah mengalami overheat. Batas ideal mengegas sebenarnya hanya sekitar 3.000 rpm saja. Itu pun tidak perlu terlalu sering, hanya beberapa kali namun durasinya agak lama.

2. Menghidupkan menggunakan electric starter

Menggunakan electric starter memang lebih mudah serta lebih praktis untuk menghidupkan kendaraan. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu baik jika sering digunakan memanaskan motor karena bisa mengurangi usia aki. Agar lebih aman, usahakan gunakan kick starter saja. Walaupun cukup membutuhkan tenaga namun hal ini jauh lebih baik bagi kendaraan.

3. Tak menggunakan choke

Banyak pengguna sepeda motor mengabaikan tombol satu ini. Padahal menggunakan choke ketika menghidupkan kendaraan cukup penting. Di pagi hari sebelum digunakan, karburator memerlukan aliran bahan bakar lebih banyak supaya bisa menyala. Inilah fungsi dari choke. Gunakan ini ketika memulai memanaskan kendaraan.

4. Terlalu lama menyalakan mesin

Sebenarnya tidak perlu membutuhkan waktu banyak untuk memanaskan motor. Anda cukup menghidupkan kira-kira 2 hingga 3 menit saja setelah itu matikan kembali. Terlalu lama justru akan membuat konsumsi bahan bakar terbuang sia-sia.

Itulah tadi beberapa kesalahan saat memanaskan motor yang kerap dilakukan. Mulai saat ini, sebaiknya Anda mulai menghindari hal-hal di atas agar kendaraan tetap berada dalam keadaan prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *