July 21, 2022
Merawat Motor Matic

Tren motor matic di Indonesia memang cenderung tinggi. Selain lebih mudah digunakan, berbagai inovasi juga kerap diluncurkan oleh para pabrikan otomotif di tanah air. Karena memiliki tipe berbeda dengan motor manual, tentu saja cara merawat motor matic juga berbeda. Kalau sudah telanjur mengalami kerusakan, tentu saja biaya perbaikan akan cukup menguras kantong.

Cara perawatan berikut ini berlaku baik untuk motor baru maupun bekas. Apabila Anda memiliki motor matic, pastikan lakukan ini secara rutin. Jangan sampai hanya karena alasan sibuk atau malas, kendaraan menjadi tidak terawat. Lebih lengkapnya, silakan simak pembahasan berikut ini.

Merawat Motor Matic

Cara Menjaga Performa Motor Matic dengan Tepat

1. Mengganti oli berkala

Satu hal yang mungkin dianggap sepele namun memiliki peran cukup besar adalah mengganti oli. Normalnya oli harus diganti setiap 1.000 km perjalanan atau sekitar 3 bulan sekali. Sebagai catatan, usahakan gunakan oli sesuai dengan spesifikasi kendaraan serta tidak mengganti-ganti merek. Hal ini akan membantu mencegah terjadi kerusakan pada komponen mesin.

2. Memanaskan di pagi hari

Selanjutnya, memanaskan kendaraan di pagi hari juga bisa membantu membuat kondisinya menjadi lebih prima. Cara ini bertujuan agar mesin bisa mempersiapkan terlebih dahulu sebelum digunakan nantinya. Mengenai cara memanaskan, beberapa orang menyarankan memanaskan mesin sekitar 5 hingga 10 menit menggunakan kick starter.

3. Jangan sampai kehabisan bensin

Untuk kendaraan manual hal ini memang tidak begitu memiliki dampak besar, namun lain halnya pada tipe matic. Apabila sampai kehabisan bensin, maka komponen mesin akan terancam rusak, apalagi jika termasuk jenis injeksi. Jadi, ketika indikator bensin menunjukkan angka rendah, sebaiknya langsung isi bahan bakar jika memang tidak ingin mengalami hal-hal tidak diinginkan.

4. Servis rutin

Dalam beberapa kasus, biasanya dalam servis rutin akan sekaligus dilakukan ganti oli. Jadi, lakukan servis rutin secara disiplin agar performa kendaraan tetap prima. Biasanya beberapa komponen akan diperiksa dan kemudian diganti atau diservis apabila mengalami masalah. Pastikan Anda melakukannya di bengkel resmi guna memastikan suku cadang yang digunakan original.

Itulah beberapa cara merawat motor matic agar bisa awet serta terus berada dalam kondisi prima. Para pecinta otomotif pasti sudah tahu akan pentingnya hal tersebut untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.