November 17, 2023

Di dalam suatu pemerintahan, laporan keuangan untuk pihak terkait umumnya disebut dengan standar akuntansi anggaran pemerintah. Ilmu akuntansi seperti ini tentunya wajib untuk dilakukan dengan tepat dan benar.

Dalam proses pencatatan sampai ke pembukuan keuangan dan aset negara harus dilakukan secara detail dan teliti. Tindakan akuntansi seperti ini sangat penting agar pemasukan dan pengeluaran negara terdokumentasi secara benar.

Melihat hal tersebut, tentu akuntansi pemerintah ini sangat penting untuk Anda pelajari. Berikut ini adalah berbagai macam informasi terkait akuntansi pemerintahan yang dapat Anda pelajari.

Apa Itu Akuntansi Anggaran Pemerintah?

Akuntansi pemerintah merupakan berbagai proses pencatatan, klasifikasi, dan pelaporan semua transaksi keuangan negara dalam melakukan pengelolaan anggaran yang dipunyai. Laporan ini menjadi dasar adanya standar pelaporan keuangan bagi pihak berkepentingan seperti masyarakat, BPK, serta DPR.

Tujuan dari adanya akuntansi ini adalah untuk membuktikan tanggung jawab kepada rakyat dengan melakukan pencatatan transaksi yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan negara. Dalam penyampaian laporan, transparansi dari pemerintah sangat dituntut.

Hal itu karena transparansi tersebut erat kaitannya dengan tanggung jawab yang diemban pemerintah dalam pengalokasian pendapatan dan pengelolaan sumber daya alam. Transparansi tersebut juga sekaligus bisa menjadi cara untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Terkait dengan laporan keuangan pemerintah, terdapat beberapa contoh laporan pokok sesuai standar akuntansi anggaran pemerintah. Contoh dari laporan tersebut antara lain adalah laporan tentang realisasi anggaran serta laporan arus kas.

Tujuan Akuntansi Anggaran Pemerintah

Seperti halnya dengan jenis ilmu akuntansi lainnya, pada akuntansi pemerintahan ini juga mempunyai tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari akuntansi pemerintah yang perlu Anda ketahui.

1. Tujuan Akuntabilitas

Akuntansi pemerintahan dibuat dalam rangka memenuhi berkas laporan pertanggung jawaban keuangan negara. Hal tersebut telah diatur di UU 45 tepatnya pasal 23 ayat 5 yang mengatakan negara wajib memberikan laporan atas pengelolaan keuangannya.

Berdasarkan hal tersebut bisa dikatakan bahwa laporan keuangan merupakan amanat langsung konstitusi. Jadi, semua data yang disajikan dalam laporan haruslah akurat sehingga bisa dipertanggung jawabkan oleh pemangku pemerintahan.

2. Tujuan Manajerial

Tujuan berikutnya adanya akuntansi anggaran adalah agar semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah bisa dijalankan dengan baik. Selain itu, kebijakan tersebut diharapkan juga dapat dikelola dengan manajemen yang baik pula.

Apabila tidak ada pencatatan anggaran yang terencana, maka tidak mungkin program yang dicanangkan pemerintah bisa berjalan dengan lancar. Hal tersebut juga berhubungan dengan efisiensi serta keefektifan dari anggaran keuangan suatu negara.

Adanya akuntansi seperti ini akan membuat data keuangan negara bisa dilihat dengan baik. Jadi, dari laporan tersebut pihak berkepentingan bisa menilai apakah uang negara telah digunakan secara efektif atau belum untuk masyarakat.

3. Tujuan Pengawasan

Tujuan yang terakhir dari adanya akuntansi anggaran pada pemerintahan ini adalah untuk pengawasan. Akuntansi pemerintahan dapat menjadi pemeriksaan arus keuangan negara seperti ke mana dan berapa anggaran yang sudah dipakai oleh negara.

Adanya laporan tersebut tentu dapat mencegah untuk terjadinya penyelewengan ataupun penyalahgunaan dari anggaran negara. Selain itu, laporan juga dapat menjadi tolok ukur kebutuhan negara yang bisa dipakai sebagai pertimbangan anggaran berikutnya.

Memahami tentang ketiga tujuan dari adanya akuntansi anggaran tersebut tentu merupakan hal yang penting. Jadi, Anda sebagai masyarakat umum juga bisa membantu dalam proses pengawasan terhadap pengelolaan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah.

Begitulah tadi penjelasan tentang akuntansi anggaran pemerintah dan juga tujuannya yang bisa disampaikan. Untuk pembahasan lebih banyak lagi tentang akuntansi, Anda bisa menyimaknya pada situs GuruAkuntansi.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *