November 24, 2022

Memakai hijab adalah kewajiban bagi setiap muslimah. Hal ini bertujuan agar aurat bisa terjaga. Namun, seiring berkembangnya dunia fashion, kini jilbab tidak hanya berfungsi menutup aurat saja, melainkan sebagai pemercantik penampilan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips memakai hijab secara tepat. Dengan demikian, selain tampilan cantik, kewajiban agama pun tetap bisa dijalankan.

Salah satu faktor yang cukup mempengaruhi cara pemakaian hijab adalah bentuk wajah. Setiap orang memiliki tipe berbeda-beda sehingga cara penggunaannya pun juga berbeda. Meskipun ada jilbab universal cocok untuk setiap bentuk wajah, ada pula hijab khusus bagi bentuk wajah tertentu agar lebih maksimal hasilnya.

Tips Menggunakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah

1. Bulat

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik bentuk ini adalah menyembunyikan bagian dagu dan pipi. Padahal, ini justru akan membuat wajah terlihat lebih bulat. Lantas, model seperti apa paling cocok dengan bentuk ini? Jauh lebih baik jika menggunakan jilbab agak longgar pada bagian pipi. Cara ini akan membuat tampilan tidak terlalu terlihat bulat.

2. Oval

Selanjutnya adalah bentuk oval. Wajah ini bisa dikatakan paling cocok dipakaikan berbagai macam aksesori seperti topi, kacamata, serta jilbab. Jadi, cara terbaik menggunakan jilbab adalah menata secara natural mengikuti kontur muka. Agar mendapatkan hasil lebih baik, gunakan bahan silk atau satin.

3. Kotak

Muka kotak memiliki ciri terdapat garis rahang yang kuat. Oleh karena itu, cara pemakaian paling tepat adalah menggunakan bahan katun dibandingkan spandek. Katun mempunyai karakter kaku serta bisa memberikan efek lancip di wajah. Menggunakan Turkish hijab style bisa menjadi pilihan cukup baik. Supaya mendapatkan tampilan lebih baik, gunakan jenis hijab polos minimalis.

4. Segitiga

Terakhir adalah bentuk segitiga. Rekomendasi model untuk digunakan adalah model ninja. Kemudian, gunakan ciput ampai atas telinga guna menambahkan kesan muka terlihat oval.

Itulah beberapa tips memakai hijab berdasarkan tipe wajah yang dimiliki. Perlu diketahui, cara di atas hanya untuk membantu membuat tampilan menjadi lebih proporsional. Bisa jadi seiring berkembangnya dunia fashion, ada beberapa pengecualian mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *