July 21, 2022

Smartphone memang bisa membantu banyak kegiatan sehari-hari seperti bersosialisasi, mencari informasi, mendapatkan hiburan, dan lain-lain. Namun, ada kalanya benda ini mengalami masalah, salah satunya adalah slow respons atau lemot. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan terlalu khawatir karena ada banyak cara mengatasi HP lemot.

Masalah slow respons ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai contoh, terlalu banyak menyimpan data akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat sehingga terasa lemot saat digunakan. Selain itu, usia ponsel turut menentukan hal tersebut. Apabila sudah merasakan kinerja ponsel lebih lambat dari biasanya, sebaiknya segera lakukan cara-cara di bawah ini.

Tips Mengatasi HP Lemot

1. Melakukan update aplikasi

Setiap aplikasi pasti selalu mengalami pembaharuan guna memperbaiki bug di dalamnya. Jika pembaharuan sudah tersedia, pastikan Anda langsung melakukan update. Hal ini bertujuan agar program bisa dijalankan lebih lancar sehingga tidak memperberat kinerja ponsel. Aplikasi yang tidak diperbaharui akan lebih berat dijalankan sehingga membuat handphone menjadi lemot.

Apabila menggunakan sistem operasi android, Anda bisa mengecek update ini di Google Play Store. Jika dirasa aplikasinya cukup banyak, lakukan update menggunakan Wi-Fi agar tidak memakan banyak kuota.

2. Memperhatikan kapasitas memori

Memori pada setiap smartphone tentu berbeda-beda. Semakin besar memori yang dimiliki, semakin lancar pula ponsel tersebut dalam menjalankan program di dalamnya. Bisa jadi handphone menjadi lemot karena memori terlalu kecil untuk menjalankan program yang terlalu banyak. Akibatnya kinerja akan menjadi lambat. Solusinya adalah hapus data-data atau aplikasi tidak penting supaya ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

3. Menghapus aplikasi tidak penting

Seperti sudah disinggung di bagian sebelumnya, terlalu banyak memasang aplikasi ternyata dapat membuat ponsel menjadi lemot. Hapus yang dirasa tidak terlalu penting. Selain memakan ruang penyimpanan, aplikasi tersebut biasanya akan terus berjalan di background sehingga memberatkan kerja sistem.

Itulah beberapa cara mengatasi HP lemot tanpa harus menggunakan alat apapun. Cara di atas bisa langsung Anda praktikkan apabila mengalami masalah serupa. Akan tetapi, jika setelah menerapkan cara tersebut tidak ada perkembangan, ada kemungkinan masalah terdapat pada hardware dan perlu dibawa ke tempat servis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.